JENIS DAN MACAM MODEL KAOS - Kaos Enzo
logo-image

JENIS DAN MACAM MODEL KAOS

5 tahun yang lalu

Terdapat berbagai macam model kaos yang selama ini kita kenal, diantaranya kaos oblong, kaos raglan dan kaos kerah atau wangky (polo shirt).

Berdasarkan model leher, kaos juga dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu crew-neck, v-neck, u-neck, y-neck dan turtleneck.

Dari berbagai macam jenis kaos diatas yang paling populer dan umum adalah jenis kaos oblong dengan leher o-neck sedangkan khusus untuk pangsa pasar kaos indonesia yang paling jarang adalah jenis turtleneck.

Namun tak sedikit juga masyarakat yang menyukai jenis-jenis tertentu. Lalu apa yang dimaksud dengan o-neck, v-neck, u-neck y-neck dan turtleneck?

Berikut ini kami deskripsikan secara singkat tentang macam-macam jenis t-shift :

1. Kaos Oblong ( T-Shirt )

T-shirt pada awalnya hanya pakaian dalam yang digunakan oleh militer Inggris dan Amerika pada awal abad ke-19.

Pada awal kaos oblong ini hanya digunakan ketika udara panas atau latihan-lahitan militer. Karena digunakan untuk latihan dan bentuknya menyerupai hutuf "T" maka pakaian ini lebih dikenal dengan nama "T-Shirt".

T-shirt sendiri mempunyai bentuk leher yang berbeda-beda, berikut penjelasannya :

a. T-shirt O-Neck / Crew Neck

Hampir semua orang, baik itu cewe atau cowo, tua atau muda memiliki kaos jenis ini.

Kaos dengan lubang leher o-neck memang jenis kaos standar. Disebut o-neck karena bentuk lubang lehernya yang menyerupai huruf "O".

b. T-shirt V-Neck

Kaos jenis ini disebut kaos v-neck karena lubang lehernya meyerupai huruf "V".

Bentuk V ini terbentuk dari dua garis ribs yang bertemu di sekitar dada atas. Sudut pertemuan kedua ujung ribs itu bervariasi tergantung selera designer yang tentunya mengikuti permintaan pasar.

c. T-shirt U-Neck

Lubang leher Kaos u-neck bisa dikatakan perpaduan antara o-neck dan v-neck.

Lubang leher seperti ini tidak bisa dikatakan sebagai o-neck karena tidak bulat dan juga buka v-neck karena tidak ada sudut yang membentuk huruf V.

d. T-shirt Y-Neck

Kaos dengan lubang leher Kaos y-neck mirip dengan kaos v-neck, namun ditambah belahan kebawah sampai dada dengan dilengkapi kancing seperti pada kaos kerah/wangky (polo shirt). Jumlah kancingnya bisa disesuaikan selera yang diinginkan.

e. T-shirt Turtleneck

Kaos leher kura-kura. Kaos jenis ini diberi nama kura-kura karena memang lubang lehernya yang panjang menyerupai leher kura-kura.

Pada dasarnya kaos turtleneck sama dengan kaos o-neck, yang membedakan diantara keduanya adalah panjang dari ribs (bahan pinggiran lubang leher). Kaos turtleneck mempunyai ribs yang lebih panjang.


2. Kaos Raglan

Kaos Raglan memiliki pola yang berbeda dengan pola kaos konvensional (oblong) terutama pada sambungan tangan.

Jika Kaos Konvensional sambungan tangannya tegak lurus/diagonal dari ketiak ke pundak luar, maka jenis kaos raglan memiliki sambungan miring dari ketiak langsung ke lubang leher sehingga memiliki pola tangan yang lebih besar dari kaos konvensional.

Pada kaos raglan biasanya warna badan berbeda dengan warna lengan.

Pemberian nama dari model raglan tidak berbeda dengan pemberian nama pada kaos oblong konvensional, yaitu diambil dari bentuk lubang leher. Tetapi kaos raglan hanya mempunyai 2 jenis model leher yaitu o-neck dan v-neck.


3. Kaos Kerah / Wangky (Polo Shirt)

Kaos Kerah / Wangky (Polo Shirt) adalah kaos yang memiliki kerah dibagian lubang lehernya.

Kaos Jenis ini biasa menggunakan kain jenis lacoste namun tetap bisa menggunakan bahan kaos yang lain.

 

Setelah mengetahui jenis-jenis model kaos, hal yang tak kalah penting untuk kita ketahui adalah bahan kain yang akan kita gunakan untuk membuat kaos.

Bahan kain untuk membuat kaos yaitu Katun Kombet (cotton Combed), Katun Kardet (Cotton Carded), Tri-Blends, Cotton Slub, Cotton Bambu dan lain-lain.

Lacoste biasa digunakan untuk membuat Kaos Kerah/Wangky, sedangkan bahan kain yang lainnya bisa digunakan untuk kaos jenis apapun.

Masih banyak lagi jenis kaos yang ada dipasaran, namun pada umumnya jenis kaos diatas paling populer dan cukup laris penjualannya.

Untuk informasi anda, kaos yang paling dominan di miliki orang adalah kaos dengan jenis oblong atau o-neck.

Jadi kaos yang mana yang paling anda sukai dari macam-macam kaos diatas?

 
#macamkaos #jeniskaos #modelkaos #kaoscewe #kaoscowo #kaosoblong #kaoscustom #kaoscouple #kaoskeluarga #kaosenzo



Artikel Terkait