6 TIPS MENCERAHKAN KAOS YANG KUSAM - Kaos Enzo
logo-image

6 TIPS MENCERAHKAN KAOS YANG KUSAM

5 tahun yang lalu

Cara mengembalikan warna pakaian yang kusam memang tidak mudah, karena jika pakaian sudah kusam kemungkinan untuk membuatnya seperti baru lagi memang nyaris mustahil. Memang banyak iklan di televisi yang mengatakan bahwa produk tertentu dapat membuat pakaian terlihat seperti baru lagi, tetapi yang benar adalah produk-produk tersebut hanya membantu untuk mempertahankan warna pakaian dan menghilangkan  noda-noda yang mungkin membuatnya terlihat kusam. Namun demikian tidak ada salahnya mencari tahu penyebab pakaian menjadi terlihat kusam.

Penyebab Warna Pakaian Kusam

Tentunya semua orang memiliki jenis pakaian favorit atau pakaian kesayangan. Kalau bisa mereka akan mengenakan pakaian tersebut secara terus menerus sampai bosan. Tahukah Anda bahwa mengenakannya terus menerus tanpa merawatnya dengan benar juga merupakan salah satu faktor penyebab pakaian terlihat kusam. Selain itu daftar di bawah ini akan menjelaskan hal-hal apa saja yang menjadi penyebab warna pakaian terlihat kusam.

  • Penyebab utama warna kusam adalah pemilhan detergen yang salah. Untuk pakaian berwarna pilihlah jenis detegen khusus untuk menjaga warna pakain tetap cemerlang.
  • Proses perendaman yang terlalu lama juga dapat menyebabkan warna terlihat kusam karena warna bisa pudar ketika direndam terlalu lama.
  • Ketika menjemur pakaian dilakukan di bawah matahari langsung. Sinar matahari juga merupakan penyebab utama pakaian terlihat kusam.
  • Noda yang tidak dihilangkan secara sempurna bisa membuat pakaian terlihat kusam.
  • Proses menyetrika yang salah juga dapat membuat pakaian terlihat kusam. Ada cara merawat pakaian agar tidak kusam yang harus Anda pelajari.
  • Menyimpan baju terlalu lama di dalam lemari juga dapat menyebabkan debu menempel dan akhirnya membuat pakaian berwarna menjadi terlihat kusam belum lagi baunya yang apek.

6 Cara Mencerahkan Kembali Warna Pakaian Kamu

Kadang sering merasa bosan jika harus terus menerus membeli baju baru dan pada akhirnya numpuk dilemari. Kenapa baju yang lama warnanya sering pudar ditambah warna yang sering pudar serta bahan dari baju yang sering jadi melar?  Nah untuk membuat baju terus berwarna cerah ada tips yang perlu Anda dicoba. Berikut penjelasan lebih detail tentang Tips mencerahkan pakaian berwarna kusam:

1. Gunakan Khasiat dari Yodium

Tahukah kamu apa itu yodium? Yodium adalah senyawa kimia yang banyak ditemukan di garam, ternyata yodium berkhasiat untuk mengembalikan kecerahan warna pakaian yang memiliki perbedaan bahan kain polyester. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan yodium ini pada rendaman pakaian kotor yang kamu cuci. Tentunya karena sulit untuk mencari yodium, kamu dapat menggunakan garam saja. Setelah direndam dengan menggunakan yodium maka pakaian kamu tidak mudah luntur lagi dan dapat terlihat lebih cerah.

2. Gunakan Khasiat dari Lemon

Selanjutnya, cara untuk mencerahkan kembali warna pakaian kamu yang telah kusam dapat dilakukan dengan memanfaatkan khasiat dari lemon. Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan fungsinya sama seperti citrun. Pakaian kamu yang dicuci dengan menggosokan lemon padanya pasti akan lebih cerah dan kembali layak untuk dipakai.

3. Gunakan Khasiat dari MSG

Pakaian yang warnanya kusam ternyata dapat diakibatkan juga oleh adanya noda yang menempel selama ini. Kamu dapat menggunakan MSG untuk membantu menghilangkan noda tersebut. Caranya pun tidak sulit dilakukan. Cukup campurkan MSG pada rendaman pakaian kamu dan cucilah dengan menggunakan detergen untuk mendapatkan warna pakaian yang kembali cerah.

4. Jangan Gunakan Mesin Pengering

Saat ini, kebanyakan mesin cuci dilengkapi juga dengan mesin pengering. Artinya, kamu dapat mencuci pakaian dan mendapatkannya dalam kondisi cukup kering karena manfaat dari mesing pengering. Mesin ini aka membuat bahan pakaian menjadi lebih cepat pudar warnanya. Jadi sebaiknya keringkan alami pakaian kamu yang baru dicuci.

5. Jangan Terlalu Sering Mencuci Baju

Baju juga dapat kamu cegah menjadi kusam dan kembali kamu pertahankan kecerahannya adalah dengan tidak terlalu sering mencuci baju. Kamu dapat memperkirakan banyaknya baju tersebut sudah dicuci dalam satu minggu. Artinya, cobalah tidak terlalu sering menggunakan pakaian yang sama lalu mencucinya.

 6. Jangan Mencampur Pakaian saat Dicuci

Cara yang terakhir yang juga perlu kamu lakukan untuk membantu pakaian kamu kembali cerah adalah dengan menghindari pakaian dicampur saat dicuci. Mencuci pakaian dengan cara dicampur diketahui dapat membuat warna dari pakaian lain menempel dan menutupi warna pakaian sebenarnya. Jadi sebaiknya kamu mencuci pakaian secara terpisah-pisah.

Itulah informasi yang menarik dan pastinya sangat bermanfaat untuk kamu ketahui terkait apa saja cara mencerahkan kembali warna pakaian kamu. Berbagai cara tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi banyak baju yang kamu terus beli, hanya karena warna baju yang telah kusam dan membuat kamu kurang percaya diri memakainya. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah melakukan berbagai cara di atas dan kamu akan mendapatkan baju yang cerah dan tidak mudah kusam lagi untuk selanjutnya. Selamat mencoba ya!

 

Tags: tips merawat kaos, tips kaos awet, kaos cerah, kaos custom, kaos keluarga, kaos ultah, kaos piknik, kaos anak, kaos kesayangan, kaosenzo, kaos family, kaos couple, kaos couple keluarga



Artikel Terkait